MoU Kurikulum Teknik Sepeda Motor PT AHM Dengan SMK

KARAWANG-PT. Astra Honda Motor (AHM) selalu berusaha untuk ikut mendukung program pendidikan di tanah air. Salah satu wujudnya adalah dengan melakukan kerja sama dan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Penandatangan MoU disaksikan langsung oleh Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana serta didampingi oleh Senior Manager Technical Training PT. AHM Handi Hariko yang berlangsung di SMK Lentera Bangsa Karawang, Rabu (31/8).

Dalam sambutannya Bupati Karawang menyampaikan apresiasi kepada PT. AHM terhadap kepeduliannya dalam dunia pendidikan melalui Kurikulum Teknik Sepeda Motor yang dinilai sangat berharga bagi para siswa-siswi dan harus disikapi bersama.

“Harus ada sinergisitas program dan kompetensi yang dimiliki SMK untuk mengaitkan program pendidikan ini agar dapat diterapkan kepada para siswa-siswi, mengingat mulai saat ini persaingan kerja bukan hanya sebatas antar sekolah, antar kabupaten atau antar provinsi tapi  kita harus bersaing dengan para pekerja dari negara-negara Asean bahkan Asia seiring diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” ungkap Cellica.

Selanjutnya, melalui sinergitas program dan kompetensi ini diharapkan mampu menciptakan anak-anak yang kompeten, berilmu pengetahuan serta keterampilan sehingga menjadikan anak yang mandiri.

“Hari ini manfaatkanlah ilmu pengetahuan yang kalian miliki, agar tentunya ini mampu menjadi bekal untuk masa depan, lulusan SMK jangan hanya mengharapkan jadi buruh atau pekerja di perusahaan yang terbatas jumlahnya, tapi kalian harus memiliki cita-cita menjadi pengusaha yang mandiri dan mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar’’ pungkas Cellica.

Sebelumnya Senior Manager Technical Training PT. AHM Handi Hariko menyampaikan bahwa ada tiga modal utama sebuah bangsa ataupun individu supaya mampu bersaing di dunia bisnis yaitu etika, knowledge dan skill. Oleh karena itu PT. AHM akan terus mengembangkan teknologi otomotif sekaligus mentransfer teknologi tersebut ke sekolah-sekolah kejuruan melalui e-learning agar setiap kebutuhan perusahaan bisa diakses sekaligus dipersiapkan oleh para guru dan siswa di sekolah kejuruan khususnya jurusan otomotif.

Pendandatangan MoU ini dilakukan kepada enam SMK, antara lain SMK RISMATEK Karawang, SMK Industri Teknologi Nasional Karawang, SMK Nurul Ansor Karawang, SMK Lentera Bangsa Karawang, SMK Ulil Albab Depok dari Kabupaten Cirebon serta SMK Negeri Situraja dari Kabupaten Sumedang.

Pada kesempatan tersebut hadir pula Kabid Dikmen yang mewakili Kadisdikpora Kabupaten Karawang, Senior Manager PT. AHM Handi Hariko, Manager Corporate Communication PT. AHM Yudi Yozardi, Manager Tehnical PT. Daya Adicipta Motor Yudhi Heryadi, Camat Rengasdengklok, serta Muspika Kecamatan Rengasdengklok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *