Kujang Di Lentera Bangsa

 

Kehidupan berbangsa dan bernegara tidak akan pernah lepas dari kebudayaan. Tingkat kebudayaan yang tinggi akan menjadi cerminan kemajuan suatu bangsa, begitu pula sebaliknya. Kebudayaan yang telah terbangun oleh nenek moyang kita, sudah selayaknya harus dilestarikan. Tugas generasi peneruslah yang mempunyai tanggung jawab untuk menjaga kelestarian budaya. Penting bagi generasi muda untuk mengenali kebudayaan bangsanya sendiri.

Memberikan pengenalan tentang budaya kepada generasi muda, selain dalam kegiatan belajar mengajar juga bisa dilakukan pada kegiatan ektrakurikuler, salah satunya adalah Pramuka. Hal ini disebabkan karena dalam kegiatannya selalu melibatkan unsur budaya. Salah satunya adalah penggunaan Kujang sebagai lambang kehormatan Pramuka SMK Lentera Bangsa. Kujang adalah senjata tradisional Jawa Barat yang juga disematkan dalam lambang Jawa Barat yang mempunyai makna sebagai senjata asli suku Sunda penduduk asli Jawa Barat, dan terdapat lima lubang pada Kujang yang melambangkan dasar negara Indonesia yaitu Pancasila.

Pemilihan Kujang sebagai pusaka ambalan dikarenakan mempunyai nilai yang luhur. Senjata Kujang menurut SanghyangSiksakandang Karesian pupuh XVII, adalah senjata kaum tani yang memiliki akar pada budaya pertanian masyarakat Sunda. Selain itupun Kujang merefleksikan ketajaman, kekuatan, keberanian, untuk melindungi hak dan kebenaran. Sejarah Kujang pun tak lepas dari salah satu senjata milik Prabu Siliwangi yang dikenal sebagai raja yang bijaksana dan leluhur suku Sunda dan kerajaannya akan menjadi cial bakal budaya ditanah Jawa Barat.

Dengan menjadikan Kujang sebagai pusaka ambalan, diharapkan anggota Pramuka SMK Lentera Bangsa dapat terus melestarikan kebudayan di nusantara ini, khususnya kebudayaan Jawa Barat. Juga tidak melupakan identitas sebagai masyarakat sunda yang dikenal sebagai masyarakat yang sangat berbudaya.Kujang merupakan perkakas yang menggambarkan ketajaman dan kekuatan.Dengan menjadikan kujang sebagai pusaka ambalan diharap setiap anggota Pramuka Lentera Bangsamempunyai daya pikir yang tajam dan kekuatan serta keteguhan dalam berorganisasi.