Sebuah Cerpen: Vivi dan Kemeriahan Imlek

Setiap perayaan imlek rumah-rumah di gang ini penuh dengan lampion-lampion dan hiasan-hiasan berwarna merah, dan tidak kalah ketinggalan setiap imlek pasti saja ada kue-kue yang sudah tertata rapi di meja tamu, salah satunya pasti kue keranjang, ya itu adalah makanan khas di setiap perayaan imlek.

Imlek merupakan malam tahun baru baru yang ditunggu-tunggu oleh Vivi dan keluarganya karena disetiap imlek rumahnya selalu ramai dengan kedatangan kerabat-kerabatnya.

Dan malam ini adalah malam menuju tahun baru imlek, Vivi dan keluarga baru saja selesai makan malam, dan sambil menunggu datangnya tahun baru. Ada anak-anak yang sedang bermain kembang api, sedangkan para orang tua ada yang sedang merapihkan rumah, mengobrol, dan menata kue-kue di meja tamu.

Tepat pukul 12 malam petasan sudah mulai ramai itu menandakan tahun baru imlek telah tiba.

Keesokan harinya tanggal 28 Januari 2017 adalah hari tahun baru imlek itu mendakan untuk memakai baju baru. Dengan baju berwarna merah muda dan celana dengan warna yang senada, Vivi dan keluarga pun bergegas pergi ke klenteng untuk bersembahyang.

“Pagi mah,pah, Gong Xi Fa Chai” ucap Vivi

“pagi sayang, Gong Xi Fa Chai” sahut ibu dan ayah nya

“Kapan kita ke klnteng?” tanya Vivi

“sebentar lagi Vi, mama belum selesai beres-beres” jawab ibunya

“Ayolah sekarang aja, nanti kita kesiangan” ucap Vivi

“Uh,kenapa sih buru-buru banget?” tanya ibunya

“Ya,enggak apa-apa. Takutnya nanti keburu ramai kelentengnya” jawab Vivi

“Yasudah, ayo pah kita berangkat” ajak ibunya Vivi ke suaminya(ayah Vivi)

Dengan mengendarai mobil Vivi dan kelarga pun bergegas pergi ke kleteng. Sesampainya disana Vivi dan keluarga bersembahyang dengan sangat khusu. Setelah selesai Vivi dan keluarga pun kembali pulang kerumah. Sepulang dari klenteng biasanya orang tua Vivi langsung memberikan angpao kepada yang lebih muda. Angpao itu adalah uang hadiah yang dibungkus dengan amplop berwarna merah.

“Saatnya bagi-bagi angpao” ucap ibunya Vivi

“Asikkk… Aku mau tante” teriak anak-anak gadis

“Iya oke-oke, antri yaaa!” ucap ibunya Vivi

“Iya tante” sahut anak-anak gadis itu (pembagian angpao pun selesai)

Setelah bagi-bagi ampao mulailah kegiatan yang sering dilakukan keluarga Vivi pada saat imlek. Dimulai dari makan-makan, karokean, mengobrol sampai bercanda bersamadan menyaksikan barongsai.

Tepat pukul 11:05 sudah mulai terdengar suara-suara yang mengiringi barongsai, biasanya barongsai itu menghampiri rumah-rumah orang Cina untuk meminta angpao. Sekarang giliran rumah Vivi yang dihampiri barongsai, dengan raut wajah yang berseri-seri Vivi menghampiri barongsai untuk memberikan angpao.

Vivi merasa sangat senang sekali, karena perayaan imlek kali ini begitu meriah.

Selamat Tahun Baru Imlek bagi teman-teman yang merayakannya. “ Gong Xi Fa Chai”

Linda Handayani

Siswa SMK Lentera Bangsa