Sejarah SMK Lentera Bangsa

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau dulu populer dengan sebutan STM menjadi pilihan tersendiri untuk warga Karawang khususnya di wilayah Kecamatan Rengasdengklok selain SMA atau MAN. Keterkaitan dengan lapangan kerja menjadi faktor utamanya, apalagi mengingat Karawang adalah Kota Industri. Di SMK inilah, para siswa dididik dan dilatih keterampilan serta dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja ataupun wirausaha kelak, terlebih bagi yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi.

Di tahun 2003 sebuah Yayasan Pendidikan berbasis Umum bernama Yayasan Saptari di dirikan dengan Ketua Yayasan Ir.Saptari berdimisili di Jakarta.Izin sekolah yang di keluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang Nomor : 007/754/TU/2003 pada angkatan pertama dengan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Jaringan sampai dengan tahun 2005. Pertama Sekolah berdiri beralamat di Jl.Proklamasi, Rengasjaya, Kec.Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

Ditahun 2005 izin Bupati Karawang keluar untuk sekolah dengan nomor : 421.3/Kep-043-Huk/2005 tertanggal 05 Mei 2005.Ditahun 2007 keberadaan Sekolah berpindah alamat di Jl. Proklamasi Dusun Bakanjati, Karyasari, Rengasdengklok, Karawang dengan luas tanah saat itu 4.000 m2. Seiring waktu  ada perubahan Yayasan, di tahun 2008 Yayasan Pendidikan Lentera Kalbu dan penetapan perubahan nama Sekolah SMK Sapta Lestari menjadi SMK Lentera Bangsa yang di tetapkan oleh Keputusan Bupati nomor : 421.3/Kep-339-Huk/2010 tertanggal 05 mei 2010 yang di tandatangani oleh Bupati Karawang Dadang S Muchtar. Dan sejak tahun 2010 SMK Lentera Bangsa telah mengeluarkan ijazah atas nama SMK Lentera Bangsa sampai dengan sekarang.

Seiring waktu berjalan sejak berdiri SMK Lentera Bangsa membuka Jurusan di bidang Teknologi dengan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Komputer Jaringan. Dan Mulai tahun 2015 Jurusan baru di buka dengan Keahlian Teknik Sepeda Motor dan Bisnis Managemen dengan konsentrasi keahlian Perbankkan Syariah. Saat ini Ruang Teori yang ada sebanyak 14 ruang dan ruang praktek Teknik Kendaraan Ringan Sebanyak Tiga ruang sedangkan untuk jurusan Teknik Komputer Jaringan penggunaan ruang praktek 2 ( dua ) ruang, serta penambahan lahan untuk kegiatan pengembangan di kemudian dan praktik lainnya seluas 2.693 m2 .