Motivasi DDS Telkom untuk SMK Lentera Bangsa

Rabu 19 Februari 2020 Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Lentera Bangsa melakukan kunjungan ke Divisi Digital Service Telkom di Bandung. Salah satu tujuan kunjungan ini untuk mengenalkan para peserta didik kepada dunia industri yang akan mereka hadapi setelah lulus dari SMK Lentera Bangsa. Kunjungan ini diikuti oleh 40 siswa RPL kelas X dan kelas XI sebanyak 40 orang dan didampingi pengajar sebanyak 6 orang.

Peserta kunjungan industri SMK Lentera Bangsa diterima oleh tim General Affair DDS Telkom yang dipimpin oleh Ibu Rani. Dalam rangka kunjungan tersebut peserta diberikan paparan tentang profil Divisi Digital Service dan induk perusahaannya yaitu TELKOM sebagai satu kesatuan lini bisnis yang tidak terpisah.

Selain paparan tentang profil perusahaan dari Tim General Affair DDS Telkom para peserta juga diberikan materi tentang pemrograman yang disampaikan oleh Tubagus As’ad (Acus) dari tim Developer Front End DDS Telkom. Acus menekankan kepada para peserta kunjungan ini untuk terus mengasah ketrampilan pemrograman karena dunia industri saat ini sangat bergantung kepada keahlian para programer. Saat ini saja Telkom membutuhkan 500 orang programer yang bisa bekerja untuk mereka dimanapaun. Industri berbasiskan digital saat ini sudah memungkinkan bekerja dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa harus terikat dengan berbagai macam aturan perusahaan-perusahaan seperti di masa lalu.

Dalam materi yang disampaikan oleh Acus para peserta ditekankan untuk menguasai bahasa pemrograman Javascript dan disarankan menggunakaan REACT sebagai salah satu framework Javascript yang dikembangkan oleh Facebook dan digunakan untuk membuat aplikasi Android maupun iOS. Ibu Fitryanti sebagai salah satu guru pendamping kunjungan berharap bahwa update knowledge ini tidak hanya selesai sampai pada kunjungan kali ini, namun dapat berlanjut dengan menjalin kerjasama anatara Jurusan RPL SMK Lentera Bangsa dengan Telkom DDS melalui pelatihan pemograman kepada Siswa – Siswi SMK Lentera Bangsa secara langsung dan periodik. Sehingga antara kemmpuan peserta didik dan dunia industri mempunyai kesinambungan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengarungi persaingan dunia industri saat ini.

Sesi terakhir dari kunjungan ini ditutp dengan permainan game Kahoot yang dipandu oleh tim Genera Affair Divisi Digital Service dan tukar cinderamata dari DDS Telkom yang diwakili oleh Ibu Rani kepada wakil SMK Lentera Bangsa yaitu Bapak Wawan Dwi Idhayana, ST. selaku Kepala Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Lentera Bangsa.